About Me

Jakarta, Indonesia
An extrovert yet not so friendly, a daughter of God yet still living in temptation, a self-centered wife with an overwhelmingly kind husband, always try to be time-efficient but like to slack-off

Tuesday, May 21, 2013

Meal Management

Salah satu issue saat gw sudah memulai kehidupan pernikahan adalah meal management. Ga tau sih bener ga istilahnya kaya gitu, intinya planning gw beli bahan2 makanan ga pernah beres. Jarang sih sampe kekurangan, biasanya kelebihan sampe busuk2 (terutama sayur hijau).

Awal merid, gw dan suami belanja bareng dan memikirkan sekitar 3 set menu yang bakal kita masak selama minggu itu. Tiap set menu cukup untuk 3 porsi. 2 porsi dimakan malem itu, 1 porsinya dibawa suami ke kantor buat makan siang besoknya (gw dapet makan di kantor). Abis itu kita kecapean.... karena ga ada pembantu sama sekali (yang dateng harian juga engga), ya otomatis kita yang musti beresin semuanya. Cape lah ya... apalagi kita berdua baru pulang ke rumah jam 7-7:30 pm selama hari kerja.

Akhirnya kita mengurangi belanjaan kita jadi 2 set menu saja. Jadi rencananya masak cuman 2 kali doank selama seminggu. Yang lain? ada kalanya emang kita pergi cellgroup yang dapet makan, atau suami abis customer gathering dan bawa sisa makanan dari resto, makan keluar atau dapet makanan dari ortu/mertua atau tante.

Contoh minggu ini. Hari minggu kemaren kita belanja untuk:
1. mie/bihun bakso (karena udah punya bakso)
2. mie goreng (karena udah punya lapchiong)
3. extra daging buat bikin pasta kalo kurang

Dan rencana kita adalah:
Senin malem: makan rumah inc. bekal suami
Selasa malem: makan luar karena kita ada 4 voucher makan yang expired di minggu pertama Juni -tepok jidat-
Rabu malem: cell group
Kamis malem: makan rumah
Jumat malem: makan rumah
Sabtu-Minggu: bersosialisasi, kondangan plus ngabisin sisa voucher makan karena weekend2 depan kita belum tentu sempat.

Dan sementara ini:
Senin malem: kita jadi masak dan makan mie/bihun bakso. Mertua nganterin seporsi bibimbap (suami ga suka, jadi disimpen buat gw). Ada sisa bihun digoreng tadinya mau dibawa suami ke kantor tp dia br inget Selasa dan Rabu dia dapet makan di kantor karena training.
Selasa malem: terpaksa makan di rumah karena ada bihun goreng dan bibimbap PLUS pembantu nyokap gw ngirimin gw SE-EMBER lauk.
Rabu malem: tetep cell group
Kamis malem: makan rumah
Jumat malem: makan rumah
Sabtu siang: makan di resto baru temen
Sabtu malem: kondangan dua bijik
Minggu: HARUS pake voucher (tapi ya cuman bisa maks 2 yak... 2 nya lagi apa kabar donk?)

Sekarang gw pusing ngeliatin seember lauk itu. Ember ini berawal dari percakapan gw ke mbak weekend kemaren pas gw visit bokap:
Gw: mbak, jangan ngasi ayam woku atau ayam bumbu rujak terus donk... kan bosen
Mbak: ya maunya apa? abis kamu kan suka ayam woku, Ben suka ayam bumbu rujak...
Gw: apa yg lain gitu... oseng tempe boleh tuh... terong balado juga aku suka, pindang juga boleh.

Hasilnya hari ini gw dibawain seember makanan isi: oseng tempe, terong balado dan pindang (ga tau pindang ayam atau ikan, belum diintip). -lapkeringet-

Anyway, terima kasih Tuhan atas berkatMu...

No comments:

Post a Comment